Minggu, 07 Februari 2010

Anemon dan jenisnya

Kembali lagi ke-film finding nemo. Dalam film ini nemo kecil dilahirkan di suatu anemone. Ya, itulah yang dimaksud dengan anemone. Banyak yang menganggap bahwa anemone adalah jenis koral, namun ternyata anemone lebih dekat ke jenis invertebrate.
Ada berbagai macam jenis anemone yang ada, Mungkin jumlahnya lebih dari ratusan namun hanya da beberapa jenis anemone saja yang disuka oleh ikan jenis clownfish. Beberapa diantaranya adalah:
1. Anemone Clown: Jenis anemone ini sering disebut pedagang dengan sebutan anemone nemo atau anemone badut. Karena memang anemone ini menjadi tempat ikan Perculla Clownfish “Nemo” tinggal. Anemone jenis ini sangat suka berpindah-pindah tempat, bahkan jika sudah menempel di kaca aquarium sangat sulit untuk dilepaskan, kecuali dia berpindah sendiri. Anemon ini biasanya berwarna merah.
2. Anemone Karpet: Jenis anemone ini memiliki ciri khusus pada tubuhnya, yaitu jika kita sentuh akan terasa lengket. Biasanya berwarna coklat keabua-abuan. Ikan jenis nemo dan negro sangat suka tinggal di anemone ini.
3. Anemone Jagung:Anemone jenis ini biasa ditinggali oleh ikan balong (Maroon Clown fish). Dinamakna anemone jagung karena jika mengembang bentuknya seperti jagung.
4. Anemone pantat merah: Jenis anemone ini juga disukai oleh berbagai jenis clownfish, Pantat anemone ini berwrna merah dan akan menempel sangat kuat pada karang.
5. Anemone Pasir: Jenis anemone ini terdapat berbagai macam warna,yaitu antara lain kuning dan putih. Ikan-ikan jenis clownfish juga sangat menyukainya.
Diatas hanyalah sebagian dari beberapa jenis anemone yang ada. Namun yang perlu diketahui oleh para penghobies bahwa anemone sangatlah suka berpindah-pindah tempat sehingga space aquarium kita haruslah longgar.

Related Post



2 komentar:

  1. kalo bisa sekalian sama cara peliharanya dong mas?

    BalasHapus
  2. Anemone ga susah kok peliharanya.. cuma kasih makan pelet atau daging udang aja..

    BalasHapus